Fungsi ini merupakan fungsi khusus pada Microsoft Excel. Fungsi LEFT, MID dan RIGHT pada Microsoft Excel merupakan sebuah baris instruksi yang berupa rumus dan dipakai untuk menentukan nilai atau karakter (String/Text) yang terdapat dalam suatu cell tertentu. Sedangkan fungsi LOOKUP pada dasarnya adalah bagaimana cara menghimpun data pada sebuah sel pada tabel dengan mengacu pada sel data yang ada di tabel lain. LOOKUP dilakukan dengan pengambilan data dari sel yang diuji pada tabel kerja berdasarkan tabel array. Atau digunakan untuk melakukan pencarian nilai dari suatu table / range referensi.
A. Fungsi LOOKUP
Fungsi Lookup pada dasarnya adalah bagaimana cara menghimpun data dengan pengambilan data pada sebuah sel pada tabel dengan mengacu pada sel data yang ada di tabel lain sehingga secara otomatis akan memudahkan dalam proses input data. Tabel yang menjadi acuan disebut tabel referensi atau tabel array , sedangkan tabel yang kita gunakan untuk menghimpun data disebut tabel kerja. Lookup ada dua yaitu Vlookup dan Hlookup, fungsinya sama yang membedakan hanyalah letak tabel referensi. Jika Vlookup letaknya vertikal sedangkan jika Hlookup letaknya Horizontal.
Gambar 1. Tampilan untuk fungsi lLOOKUP, tabel ungu merupakan tabel kerja. Tabel array(referensi) warna hijau berbentuk horizontal digunakan untuk fungsi HLOOKUP sedangkan yang berwarna jingga muda berbentuk vertical untuk VLOOKUP |
A) Fungsi HLOOKUP
Hlookup merupakan sebuah fungsi pada Ms. Excel untuk menghimpun data pada sebuah sel pada tabel kerja dengan mengacu pada sel data yang ada di tabel referensi yang berbentuk horizontal. Rumus untuk HLOOKUP adalah :
=HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_number,[range_lookup])
· Lookup value : sel yang berisi kata kunci yg terkait dengan tabel referensi· Table array : memasukkan tabel yg dijadikan referensi
· Row index num : nomor posisi index kolom berupa data yang akan dicari pada tabel referensi
Untuk lebih jelasnya berikut contoh agar lebih dapat dipahami. Misalnya kita akan memasukkan data gaji pokok setiap pegawai PT.APAR JAYA sesuai jabatan yang terdapat pada Tabel Gaji Pokok yang merupakan tabel referensi (tabel array) berbentuk horizontal pada tabel kerja. Untuk mengisikan gaji pokok maka :
1) Pada sel G6 ketik rumus =HLOOKUP(E6;J13:L14;2)
E6 merupakan lookup value, J13:L14 merupakan table array atau tabel referensi yaitu Tabel Gaji Pokok sebagai acuan data yang dimasukkan pada rumus, sedangkan 2 merupakan nomer kolom indeks pada tabel referensi.
2) Lalu kunci dengan F4 sehingga =HLOOKUP(E6;$J$13:$L$14;2)
3) Copy hingga data terakhir.
Gambar 2. Pada baris gaji pokok kita masukkan rumus HLOOKUP seperti langkah diatas dari data tabel array berwarna hijau |
B) Fungsi VLOOKUP
Fungsi vlookup mirip dengan hlookup hanya saja data referensinya vertikal. Vlookup merupakan fungsi pada Ms. Excel untuk menghimpun data pada sebuah sel pada tabel kerja dengan mengacu pada sel data yang ada di tabel referensi yang berbentuk vertikal. Rumus untuk VLOOKUP adalah :
· Table array : memasukkan tabel yg dijadikan referensi
· Col index num :nomor posisi index kolom berupa data yang akan dicari pada tabel referensi
Misalnya kita ingin mengetahui dan memasukkan data berapa insentif yang diterima setiap pegawai PT.APAR JAYA sesuai jabatan pegawai, maka kita dapat memasukkan data insentif sesuai dengan jabatan yang tertera pada Tabel Insentif yang merupakan tabel referensi yang berbentuk vertikal . Untuk mengisikan data insentif dari tabel referensi pada tabel kerja maka :
1) Pada sel H6 ketik rumus =VLOOKUP(E6;I8:J10;2)
E6 merupakan lookup value, I8:J10 merupakan table array atau tabel referensi yaitu Tabel Insentif sebagai acuan data yang dimasukkan pada rumus, sedangkan 2 merupakan nomer kolom indeks pada tabel referensi.
2) Llalu kunci dengan F4 =VLOOKUP(E6;$I$8:$J$10;2)
3) Copy hingga data terakhir.
=LEFT(text;[num_chars])
· text : baris text yang akan ditentukan karakter/nilai stringnya
· num_chars : banyaknya karakter sebelah kiri yang akan diambil
Contoh pada tabel berikut terdapat data kode pegawai di PT APAR JAYA yang terdiri dari tiga huruf dan dua angka, huruf pertama menunjukkan jenis kelamin dimana L untuk laki – laki dan P untuk perempuan. Untuk mengisikan data jenis kelamin pada baris jenis kelamin pegawai dengan huruf pertama dari kiri pada baris kode pegawai maka :
1) Pada cell D6 ketik rumus =LEFT(C6;1)
Apabila diartikan fungsi left tersebut akan mengambil sebanyak 1 karakter disebelah kiri dari cell aktif C6 yang ditunjukkan dengan angka 1 .
2) Copy hasil tersebut hingga data terakhir.
=VLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_num;[range_lookup])
· Lookup value : sel yang berisi kata kunci yg terkait dengan tabel referensi· Table array : memasukkan tabel yg dijadikan referensi
· Col index num :nomor posisi index kolom berupa data yang akan dicari pada tabel referensi
Misalnya kita ingin mengetahui dan memasukkan data berapa insentif yang diterima setiap pegawai PT.APAR JAYA sesuai jabatan pegawai, maka kita dapat memasukkan data insentif sesuai dengan jabatan yang tertera pada Tabel Insentif yang merupakan tabel referensi yang berbentuk vertikal . Untuk mengisikan data insentif dari tabel referensi pada tabel kerja maka :
1) Pada sel H6 ketik rumus =VLOOKUP(E6;I8:J10;2)
E6 merupakan lookup value, I8:J10 merupakan table array atau tabel referensi yaitu Tabel Insentif sebagai acuan data yang dimasukkan pada rumus, sedangkan 2 merupakan nomer kolom indeks pada tabel referensi.
2) Llalu kunci dengan F4 =VLOOKUP(E6;$I$8:$J$10;2)
3) Copy hingga data terakhir.
Gambar 3. Data insentif karyawan PT APAR menggunakan fungsi VLOOKUP yang berasal dari data tabel array jingga muda |
B. Fungsi LEFT
Left merupakan rumus untuk membaca data source atau sejenis kode dari kiri. Fungsi Left digunakan untuk mencari dan memasukkan satu atau beberapa karakter yang terdapat disebelah kiri suatu cell. Rumus untuk fungsi LEFT adalah :=LEFT(text;[num_chars])
· text : baris text yang akan ditentukan karakter/nilai stringnya
· num_chars : banyaknya karakter sebelah kiri yang akan diambil
Contoh pada tabel berikut terdapat data kode pegawai di PT APAR JAYA yang terdiri dari tiga huruf dan dua angka, huruf pertama menunjukkan jenis kelamin dimana L untuk laki – laki dan P untuk perempuan. Untuk mengisikan data jenis kelamin pada baris jenis kelamin pegawai dengan huruf pertama dari kiri pada baris kode pegawai maka :
1) Pada cell D6 ketik rumus =LEFT(C6;1)
Apabila diartikan fungsi left tersebut akan mengambil sebanyak 1 karakter disebelah kiri dari cell aktif C6 yang ditunjukkan dengan angka 1 .
2) Copy hasil tersebut hingga data terakhir.
Right merupakan rumus untuk membaca data source atau sejenis kode dari kanan. Fungsi RIGHT merupakan kebalikan dari rumus LEFT dimana rumus RIGHT sendiri dipakai untuk mengambil karakter yang berada disebelah kanan dari karakter atau cell yang aktif. Rumus untuk fungsi RIGHT adalah:
=RIGHT(text;[num_chars])
· text : baris text yang akan ditentukan karakter/nilai stringnya
· num_chars : banyaknya nilai karakter yang akan diambil dari karakter tersebut
Pada tabel seperti di atas terdapat data kode pegawai di PT APAR JAYA yang terdiri dari tiga huruf dan dua angka, dua angka terakhir menunjukkan target penjualan pegawai. Untuk mengisikan baris target penjualan pegawai maka :
1) Pada cell F6 ketik rumus =RIGHT(C6;2)
apabila diterjemahkan, rumus tersebut akan mengambil sebanyak 2 karakter dari kanan dari cell aktif C6 yang ditunjukkan dengan angka 2.
2) Copy hasil tersebut hingga data terakhir.
Gambar 6. Penggunaan fungsi RIGHT akan mengambil karakter angka dari kanan dari kode pegawai seperti yang ditunjukkan gambar di atas |
Kesimpulan
Sehingga saat kelima fungsi tersebut digabungkan akan menghasilkan data seperti berikut :
Gambar 7. Penggunaan fungsi LOOKUP, LEFT, MID & RIGHT pada data akan menghasilkan data seperti gambar ini |
Tentunya hal ini akan memudahkan pekerjaan atau tugas kita dalam menginput data sehingga tidak perlu bolak - balik mengetik.Terima kasih semoga bermanfaat ilmu ini :)
Ecy Haqy
Zhanah Hadi Putri - 112110101051
TI B
TI B
FKM
Universitas Jember
Untuk lebih memahami saya akan memberi link pada contoh pekerjaan yang saya kerjakan di atas. Klik link di bawah ini untuk file ini dalam bentuk word dan Excel
1. Fungsi Vlookup, Hlookup & Left, Mid, & Right.doc
2. Fungsi Vlookup, Hlookup & Left, Mid, & Righ.xlsx
1. Fungsi Vlookup, Hlookup & Left, Mid, & Right.doc
2. Fungsi Vlookup, Hlookup & Left, Mid, & Righ.xlsx
ini nih contoh vlookup dan hlookup excel
BalasHapusmakasih ya
sama-sama jeng :)
Hapusnumpangg nanya ka ,,,saya kan lagi ngerjain koolom jabatan dengan kode karyawan MDGAS-001 PAKAI RUMUS =IF(MID(B7;2;1)="D";"Direktur";IF(MID(B7;2;1)="M";"Manajer";IF(MID(B7;2;1)="S";"Sales";IF(MID(B7;2;1)="Q";"Quality Control";"petugas pengisi gas"))))
BalasHapustapi masih error.. tolong di bantu yah kaka cantik
kakak yang caem ,, ada ga cara nya kita mau ambil satu kata dalam satu kalimatpada satu kolom excel, misal "pagi ini saya pergi ke kantor" kita mau ambil kata "saya" nya saja ,, tapi dalam hal ini bukan =MID =LEFT atau =RIGHT karna klo ga salah rumus itu di pake buat mengambil karakter berdasarkan jumlah atau tata letak sebuah kata pada kalimat tertentu .. nah PR saya adalah mengambil sebuah kata "saya" pada kalimat "pagi ini saya pergi ke kantor" atau pun kalimat "pergi ke kantor saya pagi ini" ,
BalasHapusJazakillah Khair. Kebantu bgt..
BalasHapusLink mati min
BalasHapusSangat bermanfaat bagi saya untuk persiapan UAS Pengantar Aplikasi Komputer
BalasHapus